Beberapa Jenis Buah Asli Indonesia Yang Langka

Beberapa Jenis Buah  Asli Indonesia Yang Langka

Buah-buahan hasil hutan di jaman dahulu sangatlah banyak, namun saat ini keberadaannya mulai sulit untuk ditemukan, bahkan hampir punah.
Banyak faktor yang menyebabkan kekayaan alam berupa buah-buahan hampir punah, salah satunya adalah penebangan pohon dan hutan oleh masyarakat atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab.
Agar tidak penasaran buah apa saja yang termasuk langka dan hampir punah di Indonesia, simak ulasan selengkapnya.

 Buah manau


Buah manau (Calamus manan Miq.) merupakan buah dari pohon rotan. Buah manau ini banyak ditemukan di wilayah Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Pulau Sumatra, dan Kalimantan.
Buah ini mempunyai rasa yang masam dan ada manisnya, biasanya diolah menjadi asinan. Bentuk buahnya lonjong mengerucut ke ujung dan kulitnya seperti buah salak.

Delima 


Buah yang berasal dari Timur Tengah ini terdiri dari tiga macam yakni delima putih, delima merah, dan delima ungu. Menurut Niken, kiosnya tak menyediakan delima karena memang susah dicari.

Kesemek

 


Buah ini mirip dengan tomat bentuknya. Kesemek yang matang berwarna jingga kekuningan sampai kemerahan. Untuk menghilangkan rasa sepatnya, bisa diolesi dengan air kapur dan diperam. Buah ini sekarang nggak banyak ada lho, tidak semua kios buah juga menyediakan.

Buah Mundu

Buah Mundu memiliki nama ilmiah Garcinia dulcis, buah ini berasal dari Indonesia (khusunya pulau Jawa dan Kalimantan) dan Filipina. Buah ini berkerabat dekat dengan buah manggis.
Tanaman mundu masyarakat Jawa disebut baros atau klendeng, orang Minahasa menyebutnya mamundung, sedangkan daerah Sunda menyebutnya jawura.
Tanaman mundu ini tumbuh di hutan-hutan tropik basah yang telah beradaptasi di lingkungan yang teduh. Buah mundu ini berbentuk bulat sampai oval, diamternya sekitar 5-8 cm.
Kulit buah tipis dan halus berwarna kuning terang dan orange ketika matang. Rasa buah mundu ini asam dan manis segar. Biasanya buah ini dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jelly dan selai.


Buah cermai


Buah cermai memiliki nama ilmiah Phyllanthus acidus. Buah ini juga memiliki banyak sebutan tergantung daerahnya, seperti ceremoi (Aceh) dan mayom (Thailand).
Buah ini ukurannya relatif kecil dan memiliki bentuk unik seperti buah belimbing wuluh dengan bentuk bulat. Buah ini berwarna hijau muda dan rasanya sangat masam, biasanya dijadikan sebagai bahan rujak, atau diolah menjadi manisan dan asinan.
Buah ini hampir mirip dengan buah dewandaru. Bedanya, kalau buah cermai warnanya tetap hijau dari muda sampai matang, tetapi kalau buah dewandaru warnanya akan berubah sesuai dengan tingkat kematangannya (dari hijau saat masih muda, berubah menjadi kuning, orange, sampai merah saat matang).


Beberapa buah asli Indonesia yang langka akan disambung dalam artikel selanjutnya....

Komentar

  1. Masih ada ah buah ini walau ga segampang nyari mangga pisang jambu. Tapi masih ada

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies

Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai