Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai

 Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai 

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan alamnya salah satunya tanaman berupa buah-buahan yang tersebar disetiap daerahnya serta keberagaman buah yang ada, namun ada beberapa buah yang saat ini sudah jarang dijumpai, berikut buah yang kini jarang di jumpai  :

Kawista


Kawista adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya.

Buah Kenitu  

 

 

Buah Kenitu atau Genitu adalah salah satu buah yang langka, terutama jika tidak pada musimnya. Buah kenitu mempunyai nama ilmiah Chrysophyllum cainito. Orang daerah Lampung sering menyebutnya sawo manila, sedangkan orang Jawa Timur menyebutnya manecu atau sawo hijau. Biasanya pohon buah kenitu bisa tumbuh hingga 30 meter. Buah kenitu ini jika sudah matang bisa langsung di konsumsi atau bisa juga dibuat es krim atau olahan minuman yang lainnya. Jika sudah matang, rasanya sangat manis legit. Kamu asing dengan nama buah ini? Buah langka ini banyak khasiatnya lho. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional yang berkhasiat untuk mengobati diare dan disentri.

Buah Gandaria


Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. 

Buah lobi-lobi


Buah lobi-lobi memiliki nama ilmiah Flacourtia inermis. Buah ini berasal dari wilayah Asia yang beriklim tropis. Bentuk tumbuhan berupa pohon dengan ketinggian sekitar 3-10 meter. Buah lobi-lobi ini sangat cocok untuk dijadikan rujak, diolah menjadi manisan, asinan, selai ataupun surat. Buahnya berukuran kecil dan rasanya masam tapi ada sedikit manisnya.Selain itu, tanaman lobi-lobi ini juga cocok untuk dijadikan tanaman peneduh. Pohon ini biasa diperbanyak dengan cara menanam bijinya atau di cangkok.


Itulah beberapa kekayaan  alam yang dimiliki Indonesia berupa buah buhan yang sudah jarang di jumpai...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies