Kekayaan Alam Indonesia Yang Berada Di Laut

Kekayaan Alam Indonesia Yang Berada Di Laut

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas dan banyak menyimpan kekayaan alam. Dengan luas laut hampir 70% dari total keseluruhan luas negara Indonesia, sebesar 14% dari terumbu karang dunia ada di Indonesia. Diperkirakan lebih dari 2500 jenis ikan dan 500 jenis karang hidup di dalamnya, tetapi belum banyak dipahami betul nilainya bagi bangsa indonesia.

Terumbu karang

Terumbu karang merupakan hayati laut terkaya di dunia yang memiliki struktur alami serta nilai estetika yang tiada taranya. Selain sebagai lingkungan yang alami, terumbu karang juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia dalam berbagai aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Kekayaan spesies terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya tampak berlimpah di Perairan Alor, Nusa Tenggara Timur, pada Mei 2007. Segitiga terumbu karang yang disebut juga sebagai "Amazon of the Seas" mencakup wilayah perairan tengah dan timur Indonesia, Timor Leste, Filipina, Sabah-Malaysia, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon diperkirakan dihuni sekitar 3.000 spesies ikan.

Sumber Daya Ikan



Tak dapat di pungkiri lagi bahwa lautan Indonesia memiliki sumberdaya ikan yang cukup kaya. Hal ini dapat di buktikan dari luasnya lautan Indonesia dan tingginya eksploitasi ikan di Indonesia. Setiap tahunnya Indonesia memproduksi perikanan tangkap sebesar 5 juta ton/tahun dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk total produksi perikanan setiap tahunnya mencapai 13 juta ton/tahun. Baik dari hasil penangkapan maupun budidaya. Padahal dalam perhitungan statistik Indonesia dapat memproduksi hasil perikanan mencapai 65juta ton/tahunnya. Sungguh kaya bukan negeri Indonesia tercinta kita. Akan tetapi mengapa masih banyak masyarakat kita terutama desa pesisir yang tergolong miskin?. Bukankah lautan kita cukup kaya sumberdaya?. Potensi perikanan inilah yang selayaknya terus di tingkatkan melihat besarnya potensi sumberdaya ikan yang tersedia. Agar masyarakat pesisir kita semakin sejahtera dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan laut kita.

Hewan Laut


laut merupakan penghasil jenis hewan air terbesar disemua ekosistem air, berbagai jenis hewan air hidup dan berkembang didalamnya seperti ikan, cumi - cumi, kuda laut, anjing laut, ular laut, ubur - ubur, kerang dan masih banyak jenis hewan lainnya.
sehingga sebagian orang ada yang mengambil manfaat hanya sekedar untuk makan sehari - hari, ada yang memanfaatkan sebagai mata pencaharian sehari -hari hingga memanfaatkan hewan laut untuk bisnis.
pemanfaatan hasil laut jenis ini juga untuk dikonsumsi, sebagaiman kita ketahui ikan laut banyak mengandung banyak gizi untuk kesehatan.

Itilah beberapa kekayaan alam yang ada dilaut Indonesia semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan mengenai kekayaan alam Indonesia ini.....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies

Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai