Kekayaan Buah Indonesia Yang Mendunia

Kekayaan Buah  Indonesia Yang Mendunia

Tidak hanya rempah-rempah, iklim Indonesia yang tropis juga menjadi surga bagi tanaman buah-buahan. Matahari yang bersinar terus terang sepanjang tahun memberikan andil besar bagi tumbuh suburnya beberapa kekayaan alam buah endemik yang hanya terdapat di Indonesia. Ya benar, banyak buah-buahan tropis yang memang asli dan pertama kali ditemukan di Indonesia namun kini telah go international. Beberapa malah mulai dikembangbiakan menjadi ratusan varietas unggul lainnya.Untuk menyambut World Internaional Fruit Day yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 1 Juli 2016, berikut ini ada 9 buah asli Indonesia yang sudah terkenal di Asia bahkan mendunia.
 

Jambu Air 

Masih termasuk dari buah-buahan yang ada di dalam rujak, jambu air juga merupakan buah asli Indonesia. Daging buahnya berwarna putih dengan kulit luar berwarna merah, putih, dan juga hijau. Jambu air dengan warna merah cenderung memiliki rasa yang lebih manis dibanding varian dengan warna putih dan hijau. Di beberapa negara, buah tropis ini juga dengan nama internasional Java apple ini kerap dikionsumsi sebagai isian salad.

Belimbing


Belimbing mempunyai nama latin carambola. Dan dunia barat lebih mengenalnya sebagai starfruit, karena ketika buah dengan rasa dominan masam ini dibelah terlihat daging yang menyerupai bentuk bintang atau pentagram. Buah yang berasal dari Maluku ini awalnya hanya terkenal di kawasan Asia saja sampai akhirnya dikenal di Amerika Serikat, terutama Florida. Menurut lidah mereka, rasa belimbing itu gabungan dari rasa papaya, jeruk dan anggur sekaligus.

Durian


Dikenal dengan nama si “raja buah”, tidak berlebihan memang jika buah satu ini ditaruh pada urutan pertama. Buah durian pertama ditemukan di pulau Sumatra dan Kalimantan. Baunya yang menyengat seolah menjadi penegas dari kelezatan buah dengan kulit berduri ini. Buah yang sangat digemari oleh orang Indonesia ini bahkan telah dikembangkan menjadi sekitar 300 varian di Thailand dan seluruh dunia. Kini durian banyak diolah menjadi berbagai penganan dan pelengkap es buah

Salak


Banyak yang mengira buah yang terkenal dengan nama snake fruit ini berasal dari Malaysia ataupun Thailand. Tapi ternyata salak benar-benar asli dari Indonesia lho sobat. Bahkan salah satu variannya, yaitu salak condet menjadi ikon buah untuk kota Jakarta. Selain salak condet, salak pondoh juga termasuk varian yang terkenal dari buah dengan rasa gabungan manis, masam dan sepat ini

Duku


Buah yang satu ini benar-benar asli kebanggan Indonesia. Bahkan pohon duku dijadikan flora identitas Provinsi Sumatera Selatan. Yup, buah dengan daging berwarna putih kekuningan ini memang terkenal berasal dari tanah wong kito galo, Palembang. Namun sayangnya buah duku masih terbatas beredar dan digemari di kalangan Asia, belum mampu menembus Eropa dan Amerika.

Itulah Beberapa buah hasil dari kekayaan alam Indonesia yang telah mendunia....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies

Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai