Gejalah Yang Ditibulkan Dari Chikungunya

Gejalah Yang Ditibulkan Dari Chikungunya

Sebagian besar kasus chikungunya akan mengungkapkan berbagai gejala. Gejala cikungunya akan mulai muncul setelah tiga sampai tujuh hari setelah gigitan nyamuk membawa virus chikungunya. Berikut adalah berbagai gejala yang akan dirasakan oleh mereka yang terjangkit virus chikungunya:
    
Demam tinggi.
    
Sakit kepala.
    
Nyeri sendi yang parah biasanya terjadi pada lengan dan tungkai.
    
Pembengkakan sendi.
    
Sakit pada otot.
    
Bintik-bintik merah muncul di kulit.
    
Sakit punggung.Dari berbagai gejala yang ditimbulkan oleh chikungunya, demam tinggi dan nyeri di persendian ada dua gejala kuat yang mengindikasikan jika seseorang terinfeksi virus chikungunya. Gejala chikungunya juga bisa salah sebagai gejala demam berdarah. Ini karena kedua penyakit ini berasal dari virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.Chikungunya sendiri bukanlah penyakit yang bisa mengakibatkan kematian. Tapi gejala yang ditimbulkan oleh chikungunya mungkin tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. Setelah sekitar seminggu, gejala chikungunya biasanya segera mereda.Tapi ada kemungkinan beberapa kasus chikungunya mungkin memiliki periode nyeri sendi yang lebih lama. Jika seseorang telah terpapar chikungunya, biasanya tubuh imun akan membentuk anti bodi yang bisa mencegah terjadinya infeksi chikungunya ini.Jika Anda merasakan berbagai gejala cikungunya seperti yang disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter. Untuk memastikan apakah gejalanya adalah gejala chikungunya atau tidak, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk melakukan tes darah.Lalu siapa saja yang berisiko tinggi chikungunya? Salah satu dari kita memiliki kemungkinan untuk mendapatkan chikungunya. Tapi pada sebagian orang, risikonya chikungunya bisa lebih tinggi dari yang lain.Berikut beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit chikungunya:
    
Bayi baru lahir
    
Orang tua yang berusia di atas 65 tahun
    
Penderita diabetes
    
Penderita penyakit jantung
    
Penderita tekanan darah tinggi
    
Jalan jalan keluar negeriJenis penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Tanda dan gejala penyakit chikungunya pada anak adalah demam mendadak, kemudian timbul ruam pada kulit kulit setelah 3 sampai 5 hari, lalu kondisi mata merah dan flu. Untuk anak yang lebih tua akan disertai nyeri otot dan sendi. Tanda dan gejalanya sedikit berbeda jika penderitanya sudah dewasa. Tanda dan gejala penyakit chikungunya pada orang dewasa pada umumnya nampak disertai nyeri sendi, nyeri, nyeri tulang dan nyeri. Ada juga tanda dan gejala lain yang mungkin dialami penderita penyakit chikungunya seperti sakit perut, mual dan muntah, sakit kepala, nyeri otot, pembesaran kelenjar getah bening, kemerahan konjungtiva dan terkadang disertai gatal pada ruam.

Masa inkubasi 

Masa inkubasi penyakit chikungunya biasanya berlangsung selama 3-10 hari. Penyakit Chikungunya tergolong penyakit self-limiting atau dengan kata lain merupakan penyakit yang sembuh dengan sendirinya. Meski penyakit chikungunya bisa sembuh sendiri meski tanpa perawatan khusus, namun rasa sakit di persendian dan tulang akan terasa dalam beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies

Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai