Penyebab Timbulnya Penyakit Diare

Penyebab Timbulnya  Penyakit Diare

Secara umum, penyakit diare disebabkan oleh bakteri yang masuk perut melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, lalu menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Inilah beberapa penyebab penyakit diare pada orang dewasa, yaitu:

Bakteri

Jenis bakteri bisa ribuan, tapi ada beberapa jenis bakteri penyebab diare, seperti Escherecia Coli, Salmonella Typhi, Salmonella Paratyphi, Vibrio Cholera, Campylobacter, dll.

Parasit

Selain bakteri, parasit juga bisa menyebabkan diare, ada ribuan spesies. Namun, parasit yang sering menyebabkan penyakit diare meliputi Entamoeba Hystolitica, Giardia Lamblia, cacing Ascaris Lumbricoides, dll.

Virus

Selanjutnya adalah virus yang menyebabkan diare, mirip bakteri dan parasit sejenisnya ada ribuan. Tapi beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan penyakit diare seperti Rotavirus, Adenovirus, Norwalkvirus, dll.
Begitu kita tahu penyebabnya, kita harus segera diobati dengan penanganan yang tepat juga, maka diare akan berhenti dan sembuh dalam beberapa hari. Jika dalam beberapa hari setelah perawatan tidak membaik dan Anda sembuh, segera hubungi dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

Cara mengobati diare

Tindakan setelah mengetahui penyebab dan gejala diare, dan kemudian segera mengobatinya. Ada beberapa cara untuk mengobati diare pada orang dewasa yang cukup mudah dilakukan. Berikut adalah beberapa langkah dan bahan untuk mengobati diare yang bisa dilakukan, yaitu:

Banyak minum


Minum banyak air harus dilakukan untuk mengatasi diare, hal ini karena terhindar dari risiko dehidrasi. Karena jumlah cairan dilepaskan dari tubuh saat buang air besar, maka tubuh menjadi lemah. Selain air, Anda juga bisa meminum teh hitam atau larutan oral untuk menghentikan diare.

Jambu biji

Jambu biji sudah dikenal masyarakat luas karena kegunaannya dalam mengobati penyakit diare. Bisa makan jambu biji langsung masih muda atau bisa juga mengonsumsi kecambah daun jambu dicampur garam.

Apple vinager

Cuka sari apel adalah ramuan tradisional yang juga manjur untuk mengobati penyakit diare. Caranya sangat mudah, hanya dengan mencampur beberapa tetes cuka sari apel di air dan minum, mereka melakukannya secara teratur.

Kunyit

Kunyit sebagai tanaman obat telah dikenal untuk banyak kegunaan, kunyit dapat mengobati berbagai jenis penyakit dan di antaranya mengobati penyakit diare. Cara mengobati diare dengan kunyit yang diiris halus kunyit, lalu direbus dan diminum air rebusan kunyit ini, tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih. Minum 3 kali sehari.

kulit jeruk

Kulit jeruk organik bisa menyembuhkan diare, Anda bisa melakukannya dengan merebus kulit jeruk, lalu minum air matang. Anda juga bisa menambahkan madu.

Mencegah diare

Penyakit diare tidak hanya mempengaruhi korban, namun berpotensi menyebar dan bisa menular. Oleh karena itu, kontak pertama dengan propagasi harus dihindari. Cara mencegah penyakit diare meliputi langkah-langkah berikut:

    
Cuci tangan sebelum makan dengan sabun
    
Jangan makan makanan yang dalam kebersihan meragukan
    
Prioritas makanan segar
    
Jangan minum keran atau air baku
    
Selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di air yang kita pakai setiap hari dan konsumsiJika Anda menderita penyakit diare, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah penyakit diare menyebar dan menginfeksi orang di sekitar Anda.
    
Jika Anda tinggal di rumah, pastikan pasien menghindari penggunaan alat makan yang sama seperti anggota keluarga lainnya
    
Bersihkan toilet setelah buang air besar dan cuci tangan dengan sabun
    
Tinggal di dalam rumah selama 2 hari setelah diare terakhir
    
Selalu cuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, cuci tangan sebelum makan dan sebelum menyiapkan makanan
Bila Anda menderita diare, Anda harus beristirahat. Hindari mengkonsumsi buah berserat tinggi seperti mangga, dan juga hindari minuman non alkohol, kafein dan alkohol, juga jangan menggunakan antidiarrheals over-the-counter, terutama saat Anda sedang hamil. Jika diare Anda ditandai dengan darah, demam tinggi, konsultasikan dengan dokter Anda untuk memeriksanya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies

Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai