Tips Mencegah Penyakit Diare

Tips Mencegah Penyakit Diare

Diare adalah penyakit yang sering menyerang tubuh kita, karena kurang higiene, karena diare bisa dicegah agar tidak menyerang tubuh kita. Beberapa hal dan tindakan yang bisa kita lakukan untuk mencegah diare adalah sebagai berikut:

Selalu pakai sepatu

Diare sering disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk ke tubuh melalui kulit. Di tempat yang lumpur atau banyak genangan air sering menjadi tempat bakteri dan kuman bersarang. Bakteri dan kuman bisa masuk ke tubuh melalui kulit kaki yang ada di pori-pori kulit kita. Untuk mencegah masuknya kuman atau bakteri yang menyebabkan diare, maka pakai sepatu, apalagi jika kita berada di tempat yang paling rentan adalah banyak kuman dan bakteri seperti kakus, lalu kenakan sepatu sebagai cara mudah untuk mencegah diare dan penyakit lain yang masuk. .Alas kaki yang Anda gunakan pilih yang nyaman sehingga Anda bisa melakukan aktivitas tanpa masalah. Jika musim hujan lebih sering ada genangan air di beberapa tempat sehingga Anda harus lebih berhati-hati dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh Anda.

Rajin mencuci tangan

Tangan adalah anggota tubuh kita yang sangat sering melakukan aktivitas di tempat anggota badan lainnya. Karena aktivitasnya yang sering jadi lebih rentan adanya kuman atau bakteri yang dijuluki sebagai barang berbagia yang kita miliki saat memegang buku-buku itu sudah tidak ada lagi, memegang tangga saat tangga di mal sudah dipegang oleh banyak orang yang tangannya tidak. tentu bersih dari kuman dan bakteri. Untuk itulah kita dianjurkan untuk setidaknya mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, sebelum makan, setelah makan, setelah buang air besar dan sebelum memegang bayi.Cuci tangan dengan sabun agar kuman dan bakteri benar-benar mati sehingga tangan Anda steril dan bersih dari kuman dan bakteri. Masukkan kebiasaan mencuci tangan Anda tentang diri Anda dan juga tentang keluarga Anda, terutama anak-anak. Kebiasaan mencuci tangan di atas anak akan menjadi kebiasaan yang baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan cara yang sehat.

Jagalah kebersihan lingkungan

Lingkungan tempat kita tinggal dan dimana kita bekerja, seperti bekerja, harus dijaga kebersihannya. Lingkungan yang bersih akan membuat tubuh kita terlindungi dari berbagai sebab penyakit termasuk penyakit diare. kebersihan lingkungan meliputi pembersihan rumah, pekarangan, dan bagian belakang rumah. Selokan tersumbat dapat menyebabkan air berhenti menyebabkan genangan air yang bisa menjadi persemaian beberapa biji.
Sampah yang ada juga harus ditangani dengan baik agar tidak menyebabkan banyak lalat mengendap. Bahaya lalat makanan yang terinfeksi adalah salah satu hewan yang bisa mengantarkan bibit penyakit. Penyakit bibit itu bisa menyebabkan sakit perut dan diare jika dikonsumsi.

Masak makanan sampai matang

Faktor makanan juga sering menjadi penyebab seseorang mengalami diare. Makanan yang kita makan harus dianggap bersih karena jika makanan yang kita makan tidak bersih, maka kuman atau bakteri yang terkandung dalam makanan bisa masuk ke tubuh kita. Selain mencuci makanan yang akan kita konsumsi, usaha lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah kuman memasuki tubuh kita adalah dengan memasak makanan sampai matang.Akteri atau kuman yang menempel pada makanan tidak harus hilang atau mati saat mencuci makanan, maka makan berikutnya memasaka langkahnya secara menyeluruh pada suhu minimal 70 derajat celcius. Kuman akan mati setidaknya pada suhu itu dan beberapa bahkan tidak bisa mati pada suhu itu. Makanan yang perlu dimasak secara matang seperti telur, daging, ayam dan ikan.

Simpan makanan di kulkas

Makanan yang masih ada simpan di kulkas sehingga bisa diketahui bakteri dan kuman yang berbeda. Suhu pendingin yang lebih dingin tidak bisa menembus kuman atau bakteri, mereka tidak nyaman berada dalam suhu rendah. Sebelum makanannya dimakan maka panasi dulu. Bakteri dan kuman juga tidak bisa berada pada suhu tinggi sehingga jika makanan dipanaskan atau dimasak pada suhu tinggi, mereka akan membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada makanan.
Langkah ini dilakukan agar makanan yang kita makan selain enak sehat dan baik dalam tubuh sehingga kita bisa menjaga sumber makanan bukan sumber penyakitnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menu Makanan Setelah Sunat

Jurus Jitu Mencegah Terinfeksi Rabies

Kekayaan Buah Indonesia Yang Jarang Dijumpai